Kamis, Januari 13

Sejarah FC Nürnberg

Categories: ,

"Search for other articles, please enter keywords in this box" Mencari artikel lainnya, silahkan masukan kata kunci di kotak ini
Berdiri pada 1900 menjadikan FC Nürnberg (atau Nuremberg) sebagai salah satu klub tertua di Jerman. Nürnberg didirikan oleh delapan anak muda yang tengah berkumpul di sebuah tempat minum lokal. Mereka lebih tergila-gila dengan sepakbola ketimbang bermain rugby.

Hanya, Nürnberg meraih kejayaan di masa lalu. Mereka beberapa kali memenangi liga sebelum Perang Dunia II. Bahkan Nürnberg mendapat sebutan terhormat, Der Club, karena penampilan pemainnya yang apik di dalam maupun luar lapangan. Nürnberg pun menjadi klub terpopuler di Jerman.

Situasi berubah setelah berakhirnya PD. Kompetisi digelar secara profesional dan kemudian berubah menjadi Bundesliga Jerman. Ironisnya, Nürnberg kehilangan taji. Padahal, mereka termasuk 16 tim yang terpilih saat Bundesliga pertama kali bergulir pada 1963.

Semula, Nürnberg mampu bertahan di papan atas. Mereka juga sempat merebut titel Bundesliga untuk pertama kalinya pada 1969. Saat itu, Nürnberg sukses besar. Mereka tak terbendung dan sejak pekan kelima sudah menduduki puncak klasemen. Posisi itu tak pernah tergeser sampai akhir musim.

Namun di musim berikutnya, Nürnberg membuat rekor sebagai juara bertahan yang terdegradasi. Pelatih Max Merkel melakukan blunder dengan membuang pemain lama yang dinilai sudah terlalu tua. Mereka digantikan dengan deretan pemain muda yang masih minim pengalaman.

Sejak itu, Nürnberg kerap naik turun. Setelah kembali promosi, klub yang sesungguhnya juga mendapat sebutan Die Legende ini kemudian terdegradasi lagi. Begitu seterusnya. Meski demikian, mereka sempat memenangi Piala Jerman pada 2007.

Selama tiga musim terakhir, Nürnberg lebih sering berkutat di papan bawah. Bahkan musim 2008/09, mereka kembali berkompetisi di divisi dua.

Sempat promosi lagi ke divisi utama, namun Nürnberg hanya menjadi bulan-bulanan dan menduduki peringkat 16. Akibatnya, mereka harus melakoni play-off melawan peringkat tiga dari divisi dua, Augsburg. Beruntung, Nürnberg bisa mengatasi perlawanan Augsburg dan bertahan di kasta tertinggi kompetisi. Situs Resmi FC Nürnberg

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Sejarah FC Nürnberg"

Posting Komentar