Selasa, Januari 11

Sejarah Newcastle United

Categories: ,

"Search for other articles, please enter keywords in this box" Mencari artikel lainnya, silahkan masukan kata kunci di kotak ini
Newcastle United dibentuk pada Desember 1892, hasil dari peleburan 2 klub lokal-Newcastle East End dan Newcastle West End. Kedua klub itu tadinya ada rival berat di Northern League, setelah West End mengalami masalah finansial mereka sepakat untuk meleburkan diri. Deal persatuan 2 klub itu mengikutkan pula kandang West End, St. James' Park. Beberapa nama kandidat untuk klub baru tersebut mencuat seperti Newcastle Rangers dan Newcastle City, namun mereka akhirnya sepakat untuk menggunaka nama Newcastle United. Newcastle United memenangkan gelar juara liga pertamanya pada 1905, untuk kemudian menyusul tahun 1907 dan 1909.

Mereka juga sukses masuk final Piala FA tahun 1905, 1906, 1908, 1910 dan 1911. Tetapi dari 5 kali final tersebut mereka hanya memenangkan satu kali, yaitu pada tahun 1910. Newcastle mempunyai kenangan terburuknya pada musim 1908-1909 ketika mereka dipermalukan 1-9 oleh musuh abadinya, Sunderland. Skor itu tetap menjadi rekor kemenangan terbesar Sunderland sampai sekarang.

The Toon Army seterusnya menjuarai Piala FA untuk kedua kalinya pada tahun 1924 dengan mengalahkan Aston Villa. Gelar juara liga keempatnya diraih pada tahun 1927, itu adalah juga gelar juara liga terakhir yang dapat mereka raih. Pemain bintang legendaris pada saat itu adalah sang kapten Hughie Gallacher, Neil Harris, Stan Seymour dan Frank Hudspeth.

Selama dekade 50’an United sukses menjuarai Piala FA 3 kali, yaitu pada tahun 1951 dengan mengalahkan Blackpool 2-0, setahun kemudian (1952) mengalahkan Arsenal 1-0 dan pada tahun 1955 dengan mengalahkan Manchester City 3-1. Pemain bintang saat itu adalah Jackie Milburn dan Bobby Mitchell.

Setelah itu Newcasle tenggelam karena performanya yang sering labil sehingga sempat terdegradasi ke divisi 2. Pada tahun 1965 mereka dapat menjuarai divisi 2 dengan manager yang juga bekas pemain legendarisnya, Joe Harvey dan Stan Seymour.

Joe Harvey Newcastle TriumphJoe Harvey kemudian membawa klubnya lolos kualifikasi Eropa untuk pertama kalinya pada tahun 1968. Mereka mengejutkan Eropa dengan menjuarai Piala Fairs (sekarang menjadi Piala UEFA) dengan mengalahkan tim-tim seperti Sporting Lisbon, Feyenoord, Real Zaragoza dan Glasgow Rangers di penyisihan. Di final, mereka mengalahkan wakil Hungaria, Ujpest FC. Saat itu Newcastle mempunyai tradisi pada nomor punggung 9 yang selalu diberikan pada striker suburnya, untuk waktu itu adalah Wyn Davies yang memakai nomor punggung keramat tersebut. Setelah sukses di eropa tersebut Harvey kemudian mendatangkan pemain bertalenta hebat lainnya bagi Newcastle, seperti Jimmy Smith, Tony Green, Terry Hibbit dan terutama striker Malcolm Macdonald yang nantinya menjadi pemain favorit klub dan melegenda sampai sekarang. Newcastle berhasil masuk final Piala FA tahun 1974 dan Piala Liga tahun 1976, namun mereka gagal untuk membawa pulang piala di kedua upaya tersebut.

Dekade 80’an

Kevin Keegan Newcastle PlayerAwal 1980, Newcastle tenggelam dan jatuh ke divisi 2. Gordon Lee kemudian menggantikan Harvey, namun Lee tidak mampu membawa klubnya keluar dari divisi 2. Baru setelah Arthur Cox menjadi manager, United bisa promosi kembali ke divisi satu dengan diperkuat mantan kapten tim nasional Inggris, Kevin Keegan (inset kiri). United mulai kembali bermain di kompetisi divisi satu dan bertahan 7 tahun. Pergantian manager pun bergulir dari Jack Charlton, Willie McFaul dan Jim Smith. Dan pada tahun 1989, mereka terdegradasi lagi ke divisi 2.

Kembalinya Kevin Keegan I

Kevin Keegan Newcastle 1992Setelah ditangani oleh legenda Spurs yang juga mantan pemain nasional Argentina, Osvaldo Ardilles, Kevin Keegan, mantan legenda Newcastle, datang untuk menggantikannya pada tahun 1992. Kontrak Keegan saat itu adalah hanya kontrak jangka pendek tetapi menangani Newcastle baginya merupakan satu-satunya hal yang bisa membuatnya kembali ke dunia sepakbola. Tetapi Newcastle saat itu sedang dalam situasi gawat karena sudah hampir terdegradasi ke divisi 3, yang jika terjadi maka itu menjadi sejarah terburuknya Newcastle dimana mereka tidak pernah jatuh sampai ke divisi 3. Beruntung Newcastle bisa selamat berkat kemenangan di dua pertandingan terakhir melawan Portsmouth di kandang dan Leicester di tandang.

Di tahun tersebut pula Newcastle berganti kepemilikan ke Sir John Hall.

Musim 1992-1993, Newcastle kali ini benar-benar mengamuk dan memenangkan 11 pertandingan awal berturut-turut. Mereka bermain dengan strategi menyerang yang menarik dan akhirnya mereka keluar sebagai juara divisi 2 dan promosi ke Premier League. Musim

1994-1995, tetap dibawah Keegan yang mempunyai filosofi sepakbola menyerang, Newcastle tampil cemerlang di Premiership. Media televisi Sky sampai menjuluki mereka sebagai Sang Penghibur. Pada akhir musim mereka menjual strikernya, Andy Cole, ke Manchester United. Mereka mengakhiri musim dengan posisi ke 6, menakjubkan untuk klub yang baru promosi.

Musim 1995-1996, dengan uang hasil penjualan Cole, Keegan kemudian memperkuat Newcastle melalui pembelian pemain hebat seperti David Ginola dan Les Ferdinand. Mereka pun nyaris menjuarai Premier League jika saja tidak digagalkan oleh pasukan Ferguson, Manchester United. Padahal Newcastle sudah sempat memimpin dengan perbedaan 12 poin. Salah satu pertandingan yang sangat menarik adalah pada pertandingan melawan Liverpool yang berkesudahan 3-4. Pertandingan itu diyakini orang sebagai salah satu pertandingan paling menarik sepanjang sejarah liga Inggris. Newcastle akhirnya hanya duduk di posisi ke 2 dibawah
Manchester United.

Alan Shearer NewcastleAwal musim 1996-1997, Newcastle membuat gempar Inggris dengan pembelian striker timnas, Alan Shearer, seharga 15 juta pounds dari Blackburn Rovers. Sebuah rekor pemain termahal saat itu. Januari 1997, atau pada pertengahan musim 1996-1997, Keegan membuat kaget fans Newcastle kala ia mengumumkan pengunduran dirinya. Keegan mundur meninggalkan misteri.

1997 - Januari 2008

14 Januari 1997, Kenny Dalglish didatangkan ke Newcastle. 20 tahun yang lalu, Dalglish pula yang menggantikan Keegan di Liverpool saat keduanya masih menjadi pemain. Dalglish membawa Newcastle menjadi runner up liga kembali. Musim 2007-2008, Newcastle tampil tidak begitu meyakinkan dan hanya duduk di posisi ke 13. Banyak yang melihat bahwa itu dikarenakan kurang adanya kecocokan antara bekas pemain pilihan Keegan dengan Dalglish. Kenny Dalglish kemudian dipecat chairman Freddie Shepperd.

Ruud Gullit kemudian ditunjuk untuk menggantikan Dalglish. Gullit tidak membawa kemajuan bagi Newcastle dan bahkan berselisih paham dengan pemainnya, Robert Lee dan striker kesayangan fans, Alan Shearer. Sebelum akhir musim 1999-2000. ia mundur dan digantikan oleh mantan manager timnas Inggris, Sir Bobby Robson.

Bobby Robson NewcastleRobson menangani Newcastle dengan gaji yang termasuk kecil, walaupun kecewa tapi ia tetap menerimanya. Sir Bobby Robson memulai tugasnya dengan baik sekali, pada pertandingan pertamanya ia bisa membawa Newcastle (klub sedang berada di papan bawah klasemen) menang 8-0 atas Sheffield Wednesday. Sebuah rekor kemenangan kandang Newcastle sampai saat ini. Newcastle kemudian bisa mencapai posisi ke 11 di akhir musim. Pada akhir tahun 2000, pihak FA sempat meminta pada pihak Newcastle untuk memperbolehkan Robson menangani timnas Inggris kembali sebagai caretaker, namun Shepperd menolaknya. Musim 2001-2002, Robson menuntun Newcastle dari bawah sampai mencapai posisi 4 klasemen. Musim 2002-2003, Newcastle naik lagi menjadi posisi 3 di akhir musim dan berhak ikut dalam Champions League. Musim 2003-2004, Newcastle yang masih dibawah Robson mencapai posisi 5 klasemen. Peluang untuk tampil di babak grup Liga Champions melayang setelah mereka kalah di kualifikasi grup. Di awal musim 2004-2005, Robson dipecat Shepperd, chairman Newcastle, dengan alasan klub berada di posisi bawah klasemen dan adanya ketidak harmonisan di ruang ganti pemain. Walaupun dipecat, fans Newcastle tetap menghargainya sampai sekarang.

Graeme Souness, mantan pemain dan manager Liverpool, menggantikan posisi Robson. Tapi ia tidaklah populer di mata fans dan terbukti kurang mampu membawa kemajuan bagi Newcastle. Souness sempat membawa Michael Owen ke Newcastle dengan rekor transfer 16 juta pounds dari Real Madrid. Pada tangggal 2 Febuari 2006, Souness dipecat dan digantikan oleh Glenn Roeder.

Glenn Roeder mulai menangani Newcastle saat liga musim 2005-2006 telah berjalan separuh lebih. Toon Army menutup musim dengan posisi 7 klasemen dan Alan Shearer pensiun dengan rekor gol 206 melewati rekor sebelumnya yang ditorehkan Jackie Milburn.

Roeder kemudian mundur pada akhir musim 2006-2007 setelah Newcastle kembali tampil mengecewakan dan duduk di posisi 13 klasemen.

Sam Allardyce, mantan manager Bolton yang sukses membawa Bolton dari klub papan bawah menjadi klub kuda hitam Premier League, ditunjuk untuk menggantikan Roeder pada 15 Mei 2007. Ini adalah kali terakhir pula Freddy Shepperd menjadi chairman sebelum ia menjual sahamnya kepada Mike Ashley. Posisi chairman ditugaskan pada Chris Mort. Walaupun membawa angin segar perubahan pada klub pada awalnya, Allardyce mundur pada 9 Januari 2008, atau hanya kurang dari 8 bulan setelah ia mulai menangani Newcastle.

Kembalinya Kevin Keegan II & Konflik Klub

Kevin Keegan, pilihan populer fans Newcastle, menerima tugas untuk menangani Newcastle kembali pada 16 Januari 2008. Ini adalah 11 tahun sejak Keegan menjadi manager Newcastle terakhir. Setelah penunjukan Keegan, klub dibawah pemilik baru itu juga menunjuk Dennis Wise (mantan pemain Chelsea dan manager Leeds) untuk duduk di posisi Direktur Sepakbola, Tony Jimenez sebagai Wakil Presiden Klub (berwenang dalam transfer pemain) dan Jeff Vetere sebagai Technical Co-ordinator. Sistem managemen model tersebut memang banyak diterapkan banyak klub di luar Inggris. Jadi misalnya dalam urusan transfer pemain, Wise dan Vetere harus menyetujui profil calon pemain sebelum Jimenez melakukan deal transfer pemain.

Namun pada prakteknya, Keegan merasa bahwa wewenangnya sebagai manager klub terganggu dengan adanya posisi direktur sepakbola (Wise) dan Teknikal Koordinator (Vetere). Pilihan pemain seakan sudah bukan di tangannya dan ini tentunya mempengaruhi rencana dan pekerjaannya sebagai manager klub. Tidak lama setelah akhir jendela transfer I ditutup, tepatnya 4 September 2008, Keegan memutuskan untuk mundur dari Newcastle. Hanya 232 hari semenjak ia mulai menangani klub. Pada pertandingan kandang melawan Hull, 13 September 2008, fans Newcastle berdemo dan berunjuk rasa pada klub, khususnya pada Mike Ashley dan Dennis Wise.

Beberapa hari setelah itu, Ashley mengumumkan bahwa ia akan menjual klub. Ia berkilah bahwa ia tidak membeli Newcastle demi keuntungan. Ia pun mengatakan bahwa ia tidak dapat membiayai klub lagi. Newcastle tampaknya akan berpindah tangan kembali dan Ashley akan mendapatkan keuntungan luar biasa dari penjualan Newcastle. Pada September 2008, Joe Kinnear diangkat menjadi manager sementara sampai Newcastle bisa terjual kepada investor baru. Kinnear saat itu hanya menandatangani kontrak sementara selama 10 minggu. Dan Newcastle belum juga laku terjual selama selang waktu tersebut dan Ashley kemudian mengumumkan bahwa ia membatalkan niat untuk menjual klub.

Ashley lalu mengumumkan bahwa ia tertarik untuk mengontrak Kinnear secara permanen. Namun malangnya mantan manager Wimbledon tersebut menderita sakit jantung yang harus membuatnya istirahat sementara dari semua tugas manajerial di Newcastle. Dan kemudian secara mengejutkan pada April 2009, idola fans Newcastle Alan Shearer diangkat menjadi manager. Saat itu musim telah hampir saja berakhir dan Newcastle berada di posisi yang mengkhawatirkan di liga. Akhir musim 2008-2009 ditandai dengan terdegradasinya Newcastle United setelah 16 tahun berada di divisi satu Liga Inggris.

Pada pertandingan terakhir yang menentukan, Magpies kalah 1-0 dari Aston Villa. Dan Ashley kini kembali mengumumkan bahwa klub Newcastle dijual dengan harga £100 juta.

Pada Oktober 2009, Keegan memenangkan tuntutannya setelah ia merasa dipecat tanpa kompensasi pada tahun sebelumnya. Ia memenangkan tuntutannya dan Ashley harus membayar £2 juta lebih kepada mantan managernya. Jumlah tersebut sebetulnya jauh lebih kecil dari tuntutan pertama Keegan sebesar £25 juta.

Walau kemudian Keegan menyatakan dirinya siap untuk menjadi manager Newcastle untuk ketiga kalinya, tetapi ia mengakui juga bahwa fans Newcastle tampaknya telah tidak menghendakinya kembali. Dan pada Oktober 2009 tersebut Chris Hughton diangkat menjadi manager Newcastle yang baru. Situs Resmi Newcastle United

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Sejarah Newcastle United"

Posting Komentar